Selasa, 03 April 2012

WISATA ALAM LOBANG KACA MATA

WISATA ALAM LOBANG KACA MATA
LOBANG KACA MATA



sedikit meceritakan sejarah lho,,,,
Lebong adalah tanah kelahiranku, sudah selayaknya saya melestarikan sejarah ini, maka dari itu izinkan saya menulis sebuah coretan kecil untk kita lihat bersama sejarah ini,,,,,
ayo selamat membaca,,,,!!!!
lanjut,,,????'
gini lho ceritanya,,,,,,,,,
Provinsi Bengkulu memiliki wisata dan aset budaya yang sangat beragam, lihat saja Wisata Alam Lobang Kacamata Lebong (tuch fotonya ,,)  yang tingginya + 10 meter yang terletak di Desa Lebong Tambang yang berada di Kecamatan Lebong Utara + 2 Km dari Pusat Kota kabupaten Lebong. Lobang Kacamata memiliki keunikan tersendiri yang mana terletak di dalam Bukit atau Dinding Bukit yang berbatu. Lobang kaca mata adalah bekas lokasi penambangan emas peninggalan penjajah Belanda, yang meninggalkan lobang seperti goa dengan bentuk yang tidak beraturan. Ada tiga buah lobang yang menembus goa dengan diameter sekitar 2 meter, posisis lobang dari dasar yaitu sekitar 4 meter. Saat ini Wisata Alam Lobang Kacamata Lebong oleh masyarakat sekitar tempat alam lobang kacamata dijadikan tempat penambangan emas tradisional. Aktivitas penambangan emas tradisional ini merupakan daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke lobang kaca mata.tapi sekarang Objek Wisata Alam Lobang Kacamata Lebong itu ibarat pepatah, habis manis sepah dibuang”. Dahulu, Lebong sangat kaya karena tambang emasnya. Namun, sekarang andalan alamnya itu telah habis. Lebong sekarang nyaris terlupakan. Pembangunan sangat tidak banyak di daerah tersebut.. Wisata Indonesia Surga Dunia
Sebutan kabupaten Lebong sebagai kota tua merupakan satu catatan sejarah berdirinya kota Lebong, dilihat dari struktur dan kondisi kota yang ada di Kabupaten Lebong saat ini terlihat jelas bahwa kabupaten  Lebong merupakan kota tua, seperti  adanya peninggalan penambangan emas dari zaman penjajahan Belanda, dan dari bentuk arsitektural bangunan di Kabupaten Lebong, selain itu pola tata ruang kota Lebong menunjukan kota tersebut hasil karya peninggalan konsep tata ruang bangsa Belanda.
Sekarang mengapa kabupaten Lebong merupakan kota tua, karena di Kabupaten Lebong ini terdapat sumber daya alam berupa tambang emas, dan tambang emas tersebut menjadikan ketertarikan  pemerintah Hindia Belanda untuk mendirikan kota di Lebong tepatnya di daerah Muaraaman.
Pada masa revolusi, wilayah ini telah berkontribusi dalam pembangunan Monumen Nasional, atau yang dikenal dengan nama MONAS di DKI Jakarta, pada puncaknya terdapat emas, dan menurut sejarah sebagian emas tersebut dari Lebong. Untuk mengenang hal ini di Lebong terdapat monumen replika MONAS untuk mengingatkan bahwa emas MONAS  yang ada di Jakarta berasal dari Kabupaten Lebong,  bukti tersebut berupa monumen jalan menuju Tambang Emas Lobang Kacamata, Muaraaman. Tambang Emas tersebut masih diexplorasi sampai sekarang.
Kiranya Kabupaten Lebong sebagai kota tua yang memiliki aset budaya dan kekayaan alam yang cukup melimpah baik kekayaan hayati, mineral dan budaya wajib dijaga kelestarian.
Salam Lestari,,,,,,!!!!
Kalau bukan kita yang menjaga Sejarah ini siapa lagi,,,,!!!

Tidak ada komentar: