Minggu, 30 Desember 2012

“CERITA KLASIK DI INDONESIAN YOUTH SUMMIT 2012”




Hmm,,,,
perkenalkan saya atau nanti menggunakan kata ganti aku gue dan sebagainya Fatra Kurniawan bocah menuju 20 tahun mahasiswa semester 6 Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang terjebak dalam sekumpulan orang-orang yang tiap bentar berteriak “go kesmas go kesmas go” . yap, saya merupakan salah satu delegasi Indonesian Youth Summit 2012 yang diselenggarakan selama 4 hari mulai dari 28 november – 1 Desember 2012 yang bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.



Uh yeah,,, hari pertama menurut gue not bad lah. Materinya dapet , narasumbernya expert dan inspiratif. Daaaannn kembali lagi ke wisma kopertais pada pukul 21.30 Waktu Indonesia Bagian Ciputat yang notabenenya ntah masuk Jakarta, dan itu prtama kali gue berangkat seorang diri kejakarta,,.

Hari pertama semua di damprat ke satu kamar berjamaah dikarenakan pengaturan nama-nama personil per kamar sedang dalam proses oleh panitia. Paginya kenalan sama teman-teman FKM Univ.Jember yang logo univnya ngajak berantem banget sama topic 2nd IPHSS . ini merupakan institusi paling banyak mengutus delegasi yaitu sebanyak 1,5 pleton kira-kira 16 orang. Lepas dari itu semua waktu terus berlalu dong pastinya. And thannn taraaaaaa gue sudah kembali ke penginapan pada malam harinya . setiba landingnya gue di kopertais gue bertemu dengan kak Badra yang padahal gue gatau sama sekali itu orang rupanya kayak apa. Soalnya kita Cuma ketemu lewat media udara alias smsan dan telfonan. Disana juga ketemu kak aidil sm lilik wanita bertubuh mungil tetapi memiliki suara dengan tingkat ultrasonic yang mencetarrrkan wisma kopertais setiap pukul 06.00 WIB.

KAMAR 101

Next gue akan bercerita soal kamar dan seisinya. Secara geografis kamar gue letaknya itu paling depan deket pintu masuk banget. Di dalem kamar ada 4 Bad plus 1 bad additional dilengkapi kamar mandi bershower terus ada meja , lemari disertai TV berchannel semut semut bersahaja dan AC bego yang gak pernah belajar fisika soal suhu dan celcius. udh gitu remotenya entah kemana lagi suka-suka ngilang.


HARI KEDUA

Hmm sebelum itu semua seharusnya gue rata-rata pada mesti manggil kakak sih ke mereka. Kecuali untuk angkatan 2010 yang seharusnya gue ikut SNMPTN bareng mereka. Hmm saya ingin lebih menghormati dan terlihat lebih sopan saja  Hari kedua berjalan tanpa adanya ceremonial yang begitu jelas dari pihak panitia. Dan inisiatif sendiri-sendiri aja sih untuk saling berkenalan satu sama lain. Tapi gue anaknya supel rada gajelas gitu sih. Yaudah sok kenal aje dah, bodo amat. Hahaha Awalnya pagi hari kedua ini begitu manis karena sarapan bersama diiringi canda tawa dan ke-soksok kenalan yang tadi. Hmm, gue bangun rada telat dan mendapat giliran terakhir buat mandi. Jadi ketika gue udah kelar tuh mandinya eh anak-anak udah pada selesai dong sarapannya. Trus panitia bilang kita segera menuju lokasi ya soalnya udah pada ngumpul disana dan acara segera dimulai. Gue buru-buru dong tanpa sempet dandan yang begitu kece. Hihi . and than gue cabut ke lokasi acara bareng temen-temen sekamar tapi spesialnya gue yang nyetir itu mobil panitia secara jalannya rada jauh dan daripada disuruh pake motor ketahuan banget dong dong gue ntar gabisa bawa motor :D :D ngengg ngenggg dengan gagahnya gue dropping pasukan satu-satu ke lokasi 2nd IPHSS yaitu di ruang pasca sarjana UIN. Dan dan dan yang bikin bête itu adalah udahlah gue buru-buru ga sempet sarapann TAPIIII TAUTAUNYA ITU ACARA BELUM MULAII Panitia masih beberes dan bebenah. Oke fine gue santai-santai dong sambil mojok bareng kino (mojoknya ambigu). Lanjut bercerita panjang lebar banget ini sama kino tapi kita belum kenal satu sama lain. Parah kan -__- yaudah kenalan deh ya. Terus terus kenalan juga sama vina rekan seperjuangan kino juga trus ada chikka yang sama-sama dari Sumatra barat dimana daerah asal study gue. Tiba-tiba kita saling sok asik gitu satu sama lain. Kalo dilihat sekilas orang-orang pada ngira gue, kino sama vina kaya orang yang udah lama kenal. Abisnya kita kece sih, materi aja duduk paling depan. Hahaha

Materi hari ke 2 yaitu summit nya begitu menggelora membahan menggebu-gebu karena kita akan membahas masalah tentang rokok yang ujungnya itu entah kemana dan bagaimana penyelesainnya. Tapi enaknya para exporter kita artis-artis semua yee :D :D
Menguap demi menguap ngantuk demi ngantuk pertanyaan demi pertanyaan pun berlalu hingga akhirnya sudah menunjukkan jam 4.

HARI KETIGA

Kakkkk banguuuunnn kakkk bangunnnn kakkk ..... pagi yang buruk ketika mendengar suara lilik yang menggemparkan seantero kopertais . oh my god, mimpi apa hamba semalem ?
Yapp ternyata hari ini itu sambungan konas dan ini adalah bagian cerita menarik yang pernah ada . hahahaha . pukul 1 WIB kita akan menuju kota tua untuk melakukan gerakan PAMI melangkah yaitu promotif session about HIV AIDS . semua udah beberes dan siap-siap dandan yang paling oke menuju kota tua. Dan pastinya gue udah ngelirik beberapa orang yang memiliki kamera bagus agar hasil pemotretan gue kali ini ga sia-sia #sikap . Alhamdulillah juga lilik meminjamkan kamera panitia yang seharian itu isinya foto gueeeeeeeeee semuanya. Hmm untuk couple nya gue bareng sama vina untuk kasih penyuluhan ke para teenagers dan bawa-bawa pita merah. Actually , miss moment that we passed adalah ketika di BUS menuju kota tua itu. Kocak-kocak semua, urat malu dan saraf yang ada di dalem bus itu udah kacau semua. Tapi seneng sih, bus yang gue tumpangin anaknya asik-asik semua. Nahhh , disana tuh mulai kenal kaya kak willy , jeng rere and other yang namanya ga mgkn gue jabarin satu per satu disini. Hemattt woii.
seperti tour guiding yang gajelas gue memberikan informasi seputar Jakarta kepada teman-teman delegasi satu BUS. Cerita paling menarik adalah bujang gorontalo yang begitu excited banget mau ke monas. Soalnya dia bilang “seumur-umur aku ke Jakarta 2 kali dan itu ga pernah liat monas’’ huhuuuu, termasuk gw.... Hmm gw pun dan yasmin harusnya bersyukur dengan kemacetan jaakarta saat itu. Karena kalo ga macet kita ga akan mungkin ke monas. Sesuai keputusan kak badra dan teman-teman panitia karena ga mungkin kita kalo ke kota tua udah jam segini. Mau pulang jam berapa coba? Oke lets landing on monas (pasti yasmin dan gue udah lope lope di udara banget ini waktu denger kita jadinya ke monas) uyeeee, udah sampe monas dan this is it PATRA’S DAYYYY . seharian itu MONAS punya nya gue dan  sama yasmin.  Lalalalayeyeye biasa lah yaa kino kan emang ga bisa jauh-jauh gitu dari gue alhasil dia malah nebeng sama kita (gue dan vina) untuk kasih penyukuhan tentang HIV AIDS ke beberapa anak-anak muda yang lagi HANGOUT dan KONGKOW2 disana. Yahh seneng sih bisa melatih kemampuan dan speaking up gue.  Nah, nah , nah kok tiba2 hujan gini. Aduhh ga banget deh. Byurrrrrrrrr dengan inisiatif super cepat kino menggiring gue ke tenda ibu-ibuk yang jualan bakso and thannn semuanya udah pada ngikutin kita kesana. Padahal kuota itu tenda ibu udah nyesek parah. Seinget gue itu ada kak badra, lilik , gue , vina , monika , kino , kak cukli , chika , kak ardi dan lain lain. Aduhhh , malu dong yaa masa kita Cuma nebeng neduh doing (sebenernya emang guenya aja yang lagi pengen makan bakso) . hmmm kita pesen tuh bakso ibu nya 3 mangkok. 1 mangkok Cuma berisi 6 biji bakso , di kali 3 jadi jumlah bakso keseluruhan adalah 18 biji. Dan itu akan di suapin ke satu persatu manusia yang ikut neduh disana. Kocak sih, ga penting ga kenyang , yang penting kebersamaan :D :D jarang-jarang lho kalian pada makan bakso bareng gue :D :D Hmmm , mulai reda. Yuk kita cabut ke tenda yang disana . anak-anak udah pada rame disana. Buk bayar bukk . berapa semuanya? Rp. 45000,- nak. APAAAHHHH ? seketika mendengar itu gue pengen banget nimpukin itu gerobaknya ibu ibu jualan bakso. Get shock therapy menjelang malam. Hmm yaudah deh kita patungan dan cusss ke tenda. Wacawwwww. Hmm ini bingung tenda apa panggung hiburan ya? Ga pentingsih. Yang penting kita neduh dan yang gajelas banget adalah CACA HAO CACA HAO nya si lilikkk -_-“ eh buseeet gue mesti ngapalin nama-nama semua yang ada disana. Hmmm ssekipppp. Mari kita pulang karena hari sudah malam dan ikan sudah bobo. Sepanjang jalan kenangan menuju peraduan Cuma kak willy yang speaking up selama 4 jam macet di jalan. Sementara gue udh dikelonin kino dalam keadaan kaki kita yang basah ya kak ya. Pastinya di mobil banyak orang-orang iseng yang menjepret secara disengaja. Tunggu aja dalam beberapa hari ke depan segera di launching fotonya. Malam semakin larut dan sebelum tidur ga lupa makan dong. NAHHHH INI DIA NIH BAGIAN PALING DITUNGGU.. jeng jeng jenggg. Taraaaa !!! nungguin kannn? Pada nungguin kann :D :D Pukul 03.30 A.M. hanya suara jangkrik dan angin malam yang berduet syahdu. Tetiba datang suara histeris dari lantai 2 kopertais yang berteriak MALING MALING ADA MALING. Sontak seketika gue yang posisi tidurnya disebelah ucha ikut kebangun karena ucha yang super sigap langsung bangun dari tempat tidur dan spontan memakai sepatu kacanya terus mengejaar si maling. Begitu juga dengan kak willy , gerakan kepahlawanan dari kamar sebelah yang berujung tragis *asik bahasa gue woii* . Ksatria willy dengan gagahnya mengejar maling yang ia duga bersembunyi di balik semak-semak di gedung sebelah kopertais , mencoba mengintai dari kejauhan dengan cara memanjat dinding beton bak seorang ninja yang perkasa. Tapiii malangnya pertahanan ksatriw willy tidak bertahan lama pemirsaaahh . PLAKKKKK BRUUUKKK BRAAKKK sontak terdengar dari telinga gue. Segera berlari menuju sumber suara DAN TERNYATAAA mendapati ninja willy dalam keadaan terjatuh penuh luka lecet di bagian muka dan tangan disertai dengan sensasi sobeknya baju bagian belakang (karena sobek kolornya jadi keliatan). Hmm , malang sekali nasibmu nak “ ujar gue si bocah tengik yang gak tau situasi dan gak tau diri. Dan kak willy pun mendapatkan threatment yang baik untuk kepulihanya. Dan yang bikin bête itu adalah kenapa semua orang pada kebo sementara ini lagi urgent bangett TAOOOOKKKK. Hingga bangun tidur semua orang menanyakan hal yang sama dan membuat gue gak bisa bobo lagi.

FINAL SESSION

Ini adalah sesi terakhir kebersamaan kami di IYS 2012. Semua barang sudah di packing dan kita menuju ke lokasi acara yang terakhir yaitu Hari AIDS Sedunia yang actually materinya OKE GILAKKK. Gue suka banget sama materinya , gue mencoba mengeksplorasi diri disana. . ckckckck Rangkaian acara penutup yang heboh dan berkesan meski pada akhirnya ketika ada pertemuan pasti ada perpisahan. Eitss, tpi kita berpisah untuk bertemu kembali nantinya sebagai orang yang sukses. Amin.  Thanks so much for everything , I so proud to know and be a part of you guys..

WE LOVE PUBLIC HEALT....!!!

Tidak ada komentar: