Kamis, 29 Maret 2012

Aksi peringatan Hari Tuberkulosis ( TB ) Sedunia PN SOSMAS PAMI 2012


Tuberkulosis ( TB )
Perlawanan untuk pemberantasan Tuberkulosis,,,!!!
Sehat negeri ku, sahat Bangsaku....!!!!
Pada Hari Sabtu 24 Maret 2012, Himpunan mahasiswa kesehatan masyarakat Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) yang di koordinir langsung oleh Fatra kurniawan (Ka HUMAS) dan juga sebagai PN PAMI 2012, melakukan aksi penyebaran 1000 reaflet dari rumah kerumah (door to door) penyuluhan kecil dan meminta tanda tangan masyarakat bahwa masyarakat mendukung penuh program pemerintah  “STOP TB” Di RT 19 kelurahan kandang limun dalam rangka peringatan hari TB sedunia, kegiatan ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa kesehatan masyarakat dari sabang sampai meraoke kerena ini salah satu gerakan nasional mahasiswa kesehatan masyarakat indonesia. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dan liput lansung oleh media lokal.

Hari TB sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 24 Maret dimaksudkan sebagai sebuah momentum untuk membangkitkan kesadaran publik bahwasanya Tuberkulosis sampai dengan saat ini masih merupakan masalah epidemik di seluruh dunia, mengakibatkan tidak kurang dari jutaan orang, terutama di wilayah negara yang sedang berkembang, meninggal dunia setiap tahunnya Momen ini sekaligus juga memperingati ditemukannya bakteri penyebab TB oleh Dr. Robert Koch pada tahun 1882 yang membuka jalan bagi penemuan metoda diagnosis dan penyembuhan TB berikutnya. Indonesia sebagai negara yang sedang berkembang dapat merasakan langsung akibat dari TB sebagai masalah epidemiologis. Menurut data WHO terkait profil TB terkini di Indonesia, pada tahun 2010 Indonesia memiliki angka kasus TB baru dan relaps sebanyak 300.659. Pada tahun 1992 WHO telah mencanangkan tuberkulosis sebagai Global Emergency. Laporan WHO tahun 2004 menyatakan bahwa terdapat 8,8 juta kasus baru tuberkulosis pada tahun 2002, sepertiga penduduk dunia telah terinfeksi kuman tuberkulosis dan menurut regional WHO jumlah terbesar kasus ini terjadi di Asia Tenggara yaitu 33% dari seluruh kasus di dunia. Indonesia sendiri berada dalam peringkat ketiga terburuk didunia untuk jumlah penderita TB, setiap tahun munul 500 ribu kasus  baru dan lebih dari 140 ribu lainnya meninggal. Seratus tahun yang lalu 1 dari 5 kematian di Amerika Serikat disebabkan oleh tuberkulosis.

Apa itu Tuberkulosis ( TB ),,,,?????
Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia. Tuberculosis (TBC) adalah penyakit menular yang dikatakan sulit menular, sebab hampir semua orang pernah terpapar kumannya tetapi hanya 2 persen yang bisa sakit karenanya. Orang-orang yang rentan sakit karena TBC adalah sebagai berikut.
Penyebab
Penyebab pasti pectus excavatum tidak diketahui, mungkin kondisi warisan atau genetik. Pectus excavatum dapat terjadi dalam hubungannya dengan kondisi medis lainnya, seperti: 1. Marfan syndrome 2. Scoliosis 3. Mitral valve prolapse

Gejala

Bagi banyak orang dengan excavatum pectus, tanda atau gejala adalah lekukan kecil dalam dada. Pada beberapa orang, cekungan di dada dapat memburuk pada awal masa remaja dan dapat terus memburuk hingga dewasa. Dalam kasus yang parah dari excavatum pectus, tulang dada dapat menekan paru-paru dan jantung. Tanda dan gejala termasuk: 1. Penurunan toleransi aktivitas fisik 2. Detak jantung cepat atau jantung berdebar-debar 3. Infeksi pernapasan kambuhan 4. Mengi atau batuk 5. Nyeri dada 6. Jantung murmur 7. Kelelahan

Pengobatan

Pectus excavatum dapat diperbaiki dengan pembedahan, tetapi operasi biasanya disediakan untuk orang yang memiliki tanda-tanda sedang hingga berat dan gejala. Orang yang memiliki tanda dan gejala ringan dapat dibantu dengan terapi fisik. Latihan-latihan tertentu dapat memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan sejauh mana dada bisa membaik. Jika memiliki excavatum pectus ringan, dokter mungkin ingin mengevaluasi kembali setiap 6-24 bulan, untuk memastikan gejala tidak memburuk. Dua jenis yang paling umum dari operasi yang digunakan untuk memperbaiki pectus excavatum dibedakan dengan ukuran sayatan yang digunakan, antara lain: 1. Sayatan yang lebih besar 2. Sayatan yang lebih kecil Sumber: MayoClinic
Penularan
Penularan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC (yang resminya disingkat TB) ditularkan melalui droplet atau bercak dahak dari pasien yang terinfeksi. Penularan hanya terjadi ketika daya tahan tubuh seseorang berada dalam kondisi sangat lemah, Kelompok orang dengan daya tahan tubuh rendah yang rentan sakit karena infeksi TB seperti : lansia, bayi, pengidap HIV atau AIDS, pengidap diabetes, pengidap kanker, pasien cangkok organ, pasien gagal ginjal, kurang Gizi, orang yang berada dilingkungan TBC.
PENCEGAHAN,,,,???
Pencegahan dan pengendalian TB membutuhkan dua pendekatan paralel. Pada yang pertama, orang dengan TB dan kontak mereka diidentifikasi dan kemudian diobati. Identifikasi infeksi sering melibatkan pengujian kelompok berisiko tinggi untuk TB. Dalam pendekatan kedua, anak-anak yang divaksinasi untuk melindungi mereka dari TB. Tidak ada vaksin yang tersedia yang memberikan perlindungan yang handal untuk orang dewasa. Namun, di daerah tropis dimana tingkat spesies lain dari mikobakteri yang tinggi, paparan mikobakteri nontuberculous memberikan beberapa perlindungan terhadap TB.
Foto2 kegiatan :










                  Anggota HIMMA KESMAS UMB












saat diliput oleh media lokal ( RB TV) ketika mewawancarai warga RT 19 kel kandang limun 














Pendekatan kepada ibu-ibu yg lg berkumpul diwarung nasi














berdialog dg masyarakat saat menyebarkan reaflet dan memberikan penyuluhan











door to door






















Saat berkunjung ke rumah pak lurah sekaligus pengenalan KESMAS di masyarakat dan bidang kesehatan
t
tanda tangan masyarakat yg mendukung tolak TB dan siap menerapka pola hidup sehat
Perlawanan untuk pemberantasan Tuberkulosis,,,!!!
Sehat negeri ku, sahat Bangsaku....!!!!

Tidak ada komentar: