Selasa, 13 Desember 2011

CERITA PENDEK PRAMUKA MASA SMA

 SALAM PRAMUKA,,,,!!!!
“Ketika kalian berlomba sebagai satu tim (sangga), perjalanan yang akan kalian lewati tidak akan pernah mulus, karena setiap kegiatan itu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dan dari jalan yang tidak mulus inilah biasanya akan muncul sifat-sifat egois dari para anggota dalam tim.”

Saya ada sedikit cerita, pengalaman pribadi. Waktu itu kelas I SMA, saya bersama 9 orang anggota lainnya mewakili Kota Bengkulu untuk mengikuti Lomba diSTAIN BKL. Kegiatan ini berlangsung selama 1 minggu (kemah dan Pembina serta Orang Tua dilarang mendekati peserta), jadi saya disini sebagai Pinsa, sekaligus “Bapak” dari 9 orang anggota yang saya pimpin.  Bisa kalian bayangkan “Bagaimana susahnya mengatur 9 orang dengan asal – usul, sifat dan karakterisitik yang berbeda-beda ? dan bagaimana susahnya mengatur keuangan yang sangat minim (waktu kami hanya diberi oleh pihak sekolah sebesar Rp. 200.000,-) selama 1 minggu ?”
Dihari-hari pertama alhamdulillah kegiatan kami berjalan lancar, akan tetapi memasuki hari ke-empat carut-marut mulai terjadi di regu kami, sifat egois yang mulai muncul, anggota yang mulai merasa jenuh dengan keadaan (hampir setiap malam kami kehujanan) dan yang paling parah ada sesama anggota yang mencuri uang diantara kami dan pada saat – saat keegoisan mulai memuncak inilah saya menampar 2 orang anggota saya yang bermasalah sebelum kami mengikuti salah satu kegiatan (saya lupa kegiatannya apa). Terus terang saya tidak cukup kuat untuk menghadapi masalah seperti ini, semua anggota menyalahkan saya, ada masalah sedikit saya yang dikucilkan, dan karena semua ini saya tanpa sadar menangis untuk pertama kalinya dan spontan saya mengatakan, “kalau kalian merasa lebih baik dari saya silahkan kalian jadi Pinru dan pimpinlah anggota ini !”. Kemudian kami melupakan peristiwa itu, karena ada kegiatan selanjutnya yang akan kami ikuti, dan selama kegiatan itu pun kami tidak ada yang saling sapa, seakan saling tidak ada yang kenal.

Kehangatan mulai terpancar kembali ketika saya dan teman – teman saya akan mengikuti kegiatan pentas seni (kegiatan ini dikoordinatori oleh teman saya yang saat ini sedang mengikuti audisi pelawak Bengkulu). Bermodalkan sifat humoris yang ia miliki kami semua kembali menjadi dekat dengan sesama anggota bahkan peserta lain hingga penutupan.
terus terang, saya merindukan masa – masa ini, dimana semua sifat buruk yang kami miliki semuanya keluar selama 1 minggu bersama. Akan tetapi, semua tidak bisa terulang lagi karena “Life must go on!”

Dan untuk adk2 yang baru mengikuti kegiatan di pramuka, saya harap keegoisan dan perbedaan yang timbul itu hanyalah sebagai “bumbu-bumbu penyedap” untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan diantara kalian. Jangan jadikan keegoisan itu sebagai “cambuk pemecah” kalian semua dan jadikanlah perbedaan itu sebagai suatu hal yang saling melengkapi. Saya harap, semua masalah yang terjadi ini kalian jadikan sebagai cerita indah masa-masa  Pramua kalian !!

“tetap semangat, jaga kekompakan dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya, karena hidup cuma satu kali dan waktu yang telah kalian lewati tidak akan bisa terulang lagi”


salam pramuka,,,,,,,!!!

1 komentar: